Thursday, June 20, 2013

Tafsir Al Qur'an Surat At Tahrim


Tafsir Alquran Surat At Tahrim
 orangtua: Pendidik Utama
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ
عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai ( perintah ) Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”, Q.S. A-Tahrim/66: 6

Tafsir Ibnu Katsir
Mengenaifirman Allah subhanahuwata’ala,  قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا  “Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka”,Mujahid (Sufyan As-Saurimengatakan, “Apabila datang kepadamu suatu tafsiran dari Mujahid, hal itu sudah cukup bagimu”) mengatakan : “Bertaqwalah kepada Allah dan berpesanlah kepada keluarga kalian untuk bertaqwa kepada Allah”. Sedangkan Qatadah mengemukakan : “Yakni, hendaklah engkau menyuruh mereka berbuat taat kepada Allah dan mencegah mereka durhaka kepada-Nya. Dan hendaklah engkau menjalankan perintah Allah kepada mereka dan perintahkan mereka untuk menjalankannya, serta membantu mereka dalam menjalankannya. Jika engkau melihat mereka berbuat maksiat kepada Allah, peringat kan dan cegahlah mereka.”
Demikian itu pula yang dikemukakan oleh Adh Dhahhak dan Muqatil bin Hayyan, dimana mereka mengatakan : “Setiap muslim berkewajiban mengajari keluarganya,    termasuk kerabat dan budaknya, berbagai hal berkenaan dengan hal-hal yang diwajibkan Allah Ta’ala kepada mereka dan apa yang dilarang-Nya.”
Ayat 6 diatas menggambarkan bahwa dakwah dan pendidikan harus bermula dirumah. Ayat diatas walaupun secara redaksional tertuju pada kaum pria(ayah), tetapi itu bukan berarti hanya tertuju kepada mereka. Ayat ini tertuju kepada perempuan dan lelaki(ibu dan ayah). Ini berarti kedua orangtua bertanggung jawab terhadap anak-anak dan juga pasangan masing-masing sebagaimana masing-masing bertanggung jawa terhadap kelakuannya.
Berikut adalah beberapa pelajaran yang dapat diambil dari Surat At-Tahrim ayat
1.    Perintah taqwa kepada Allah swt. dan berdakwah. Dalam ayat ini firman Allah swt. ditujukan kepada orang-orang yang percaya kepada Allah swt. dan rasul-rasul-Nya, yaitu memerintahkan supaya mereka menjaga dirinya dari api neraka. Dengan taat dan patuh melaksanakan perintah Allah swt. dan mengajarkan kepada keluarganya
2.    Anjuran menyelamatkan diri dan keluarga dari api neraka. Banyak sekali amalan saleh yang menjadikan seseorang masuk surga dan dijauhkan dari api neraka, misalnya bersedekah, berdakwah, berahlak baik, saling tolong menolong, dalam kebaikan dan sebagainya.
3.    Pentingnya pendidikan islam sejak dini. Anak adalah aset bagi orang tua, dan ditangan orangtua lah anak-anak tumbuh dan menemukan jalan-jalannya. Banyak orang tua yang salah asuh kepada anak sehingga perkembangan fisik yang cepat di era globalisasi  ini tidak diiringi dengan perkembangan mental dan spiritual yang benar kepada anak sehingga banyak perilaku kenakalan-kenakalan oleh para remaja.
Keimanan kepada para  malaikat. Ayat 6 surat At-Tahrim mengandung pelajaran keimnan kepada sifat para malaikat yang suci dari dosa dan tak pernah membangkang apa yang diperintahkan oleh Allah swt. Berbeda dengan manusia dan jin yang kadang taat kadang juga melanggar bahkan ada juga yang tidak pernah taat sama sekali atau selalu berbuat maksiat

No comments:

Post a Comment

Post a Comment