Thursday, June 20, 2013

Kandungan QS. An-Nahl ayat 78 ( Potensi Edukatif Manusia)


Kandungan QS. An-Nahl ayat 78
( Potensi Edukatif Manusia)

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Maksud ayat ini adalah Allah mengajari kita apa yang sebelumnya tidak kita ketahui , yaitu sesudah Allah mengeluarkan dari perut ibu tanpa mengetahui sesuatu apapun.Allah mengkaruniakan kepada kita akal untuk memahami dan membedakan antara yang baik dan yang buruk. Allah membuka mata kita untuk melihat apa yang tidak kita lihat sebelumnya, dan memberi kita telinga untuk mendengar suara-suara sehingga sebagian dari kita memahami perbincangan yang lain, dan memberi kita mata untuk melihat berbagai sosok sehingga kita dapat saling mengenal dan membedakan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia
Potensi yang diberikan Allah kepada manusia tidak akan berarti apa-apa jika potensi tersebut tidak digali dan digunakan dengan benar. Maka dari itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan manusia yaitu keluarga dan lingkungan.
Pertama, faktor keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga terutama orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan anaknya. Dalam pertumbuhan islam terdapat istilah Al ummu madrasatul ula. Orang tua hendaknya sudah mulai mengajari dan menggali potensi anak sejak kecil dan memasukan nilai-nilai religius dalam keseharian keluarga.
Kedua, faktor lingkungan. Lingkungan disekitar tempat tinggal anak juga mempengaruhi perkembangan fisik dan psikis anak. Hal ini dikarenakan anak mempunyai kecenderungan untuk meniru apa yang dilihatnya.

No comments:

Post a Comment